KAWANMU DOT COM

Bursa kerja Pringsewu - Lampung,Download , artikel menarik, Tips pemrograman dan lain lain

Logo Design by FlamingText.com

IT NEWS !!! Canggih, peneliti kembangkan disk penyimpanan berkapasitas 360 TB

Canggih, peneliti kembangkan disk penyimpanan berkapasitas 360 TB

 
 
Para peneliti di Optoelectronics Research Center, Universitas Southampton dan Universitas Teknologi Eindhoven bekerjasama menciptakan disk kaca yang dapat menyimpan data sebesar 360 Tera Byte selama lebih dari 1 juta tahun.

Tidak hanya itu, disk kaca ini juga mampu menahan suhu hingga 1000 derajat celcius, yang dapat memberi perlindungan dari kehilangan data karena kebakaran. Hal ini disebabkan karena disk ini menggunakan materi kaca dari struktur nano dan leburan kristal.

Data dimasukkan pada media ini menggunakan laser femtosecond dengan cara menembakkan cahaya yang sangat cepat ke disk untuk mengaplikasikan data dalam bentuk “titik-titik struktur nano”. Disk ini berbentuk tiga lapis dengan jarak masing-masing hanya 5 mikrometer. 

Saat percobaan, para peneliti mampu menulis dan membaca data sebesar 300 KB pada disk. Setelah ditulis, disk dapat disimpan selama satu juta tahun atau lebih dengan ketahanan akan berbagai variasi suhu sehingga bisa diwariskan ke beberapa generasi.

Profesor Peter Kazandky dari ORC mengatakan “Sangat menyenangkan untuk membayangkan bahwa kita telah menciptakan dokumen pertama yang mungkin mempertahankan kelangsungan hidup umat manusia.
Teknologi ini bisa mengamankan bukti terakhir dari peradaban, semua yang kita pelajari tidak akan dilupakan. Saat ini, tim peneliti sedang bekerja untuk mengkomersialisasikan teknologi ini.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "IT NEWS !!! Canggih, peneliti kembangkan disk penyimpanan berkapasitas 360 TB"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top