KAWANMU DOT COM

Bursa kerja Pringsewu - Lampung,Download , artikel menarik, Tips pemrograman dan lain lain

Logo Design by FlamingText.com

Fakta Menarik Tentang Agama dan Kebudayaan di indonesia






tentang fakta menarik yang terjadi di tengah masyarakat kita, dimana masih banyak sekali unsur2 beragama yang masih tercampur dengan kebudayaan kita.

    Sebagian besar orang Jawa berusaha menyelaraskan berbagai konsep pandangan leluhurnya dengan tata cara yang diajarkan Islam. Hal ini bisa dilihat dari penyaduran orang Jawa dengan alam kodrati (dunia fana) dan alam adi kodrati (alam gaib), sehingga lahirlah ritual ruwatan Jawi-Islami yang mengusung konsep Islami namun tetap dibumbui tradisi dan adat Jawa. Seperti halnya larung (sesaji yang biasa dipersembahkan di laut atau sungai-sungai besar), kendhuri atau selamatan (melakukan doa bersama dan bersedekah sebagai ungkapan rasa syukur atau agar diberi keselamatan), dan sebagainya.

mereka seolah mempercayai bahwa ada makhluk lain diantara mereka yang mampu mneghadirkan keberkatan,keselamatan. 


 

Pola berpikir seperti ini tak lain merupakan upaya manusia untuk memahami keberadaannya diantara sesama makhluk yang tersebar di jagat  raya ini, lantas membawanya ke suatu pengembaraan yang tak pernah berhenti. Sehingga ketika ada hal-hal baru yang mereka anggap bisa  menunjukan jalan menuju titik cerah perjalanannya, pastilah mereka ikuti. Sebagaimana pengembaraan iman yang pernah dilakukan Nabi  Ibrahim as. ketika pertama kali beliau keluar dari goa persembunyiannya.


Inilah Tuhanku,” kata Nabi Ibrahim. Namun, ketika tenggelam beliau berkata, “Tuhanku bukanlah yang tenggelam.” Kemudian ketika bulan muncul, maka beliau berpikir bahwa Tuhan adalah bulan. Demikian pula ketika bulan tenggelam dan terbitlah matahari, beliau beranggapan bahwa Tuhan adalah matahari,  karena lebih besar dan terang. Setelah semua hilang dan redup silih berganti, terbukalah beliau bahwa Tuhan bukanlah seperti yang dipersekutukan  para kaumnya (Lihat QS. Al-An’am 76-69).

ingatlah ALLAH itu tidak dapat difikir secara sepenuhnya dengan logika,tapi kekuatan keimanan kita yang sanggup untuk membuat kita percaya padanya.

thank' very much.....
 


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Fakta Menarik Tentang Agama dan Kebudayaan di indonesia "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top